Selasa, 05 Januari 2010

BAHAYA RADANG PARU-PARU

Jika tak segera ditangani, radang paru-paru atau pneumonia bisa berakibat fatal. Karena itu, kenalilah gejala-gejalanya serta cara penanganannya sebelum terlambat. Apalagi, penyakit ini tak cuma menyerang orang lanjut usia, tetapi juga bisa menyerang mereka yangmasih muda, termasuk bayi sekalipun.

>>>>>>>Apa Saja Gejalanya?

Serangan virus, bakteri, jamur, atau organisme lain saat kondisi tubuh sedang lemah bisa menyebabkan terjadinya infeksi serta radang paru-paru. Gejala-gejala yang muncul akibat radang itu sendiri bisa bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Radang akibat bakteri biasanya menimbulkan gejala-gejala seperti gemetar, demam tinggi, berkeringat, nyeri dada, serta batuk mengeluarkan lendir berwarna kehijauan atau kuning. Radang akibat virus menimbulkan gejala-gejala berupa batuk, sakit kepala, demam, nyeri otot dan lelah. Jika semakin parah biasanya di sertai juga dengan kesulitan bernapas serta batuk berlendir, yang kemudian memicu juga munculnya radang lanjutan akibat serangan bakteri. Radang akibat mikroplasma menyebabkan munculnya gejala-gejala yang juga mirip dengan raadang akibat virus atau bakteri. Namun, bedanya, si penderita tidak merasa sakit dan memerlukan istirahat di tempat tidur. Jenis radang paru yang satu ini lebih banyak menyerang anak-anak serta orang dewasa muda. Radang akibat parasit menyebabkan batuk yang tak sembuh-sembuh, demam, serta kesulitan bernapas.
Nah, seluruh penyebab radang itu bisa masuk ke tubuh manusia dari berbagai sumber. Misalnya dari tempat kita beraktivitas sehari-hari, seperti sekolah, kantor, atau bahkan dari rumah sakit, terutama jika si pasien menggunakan ventilator. Selain itu, bisa juga saat benda asing masuk ke paru-paru, misalnya saat isi perut masuk ke paru-paru ketika sedang muntah.

>>>>>>>>Bagaimana Penanganannnya?

Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi radang paru biasanya tergantung pada tingkat keparahan gejala-gejala yang muncul. Yang jelas, jika tampaknya Anda mulai terserang radang paru, jangan ragu-ragu memeriksakan diri ke dokter, terutama jika muncul gejala-gejala seperti batuk tanpa henti, nyeri dada yang berfluktuasi dengan pernapasan, serta demam tanpa penyebab yang jelas dan disertai dengan kondisi tubah yang semakin parah sesudah demam atau flu. Biasanya, untuk mengatasinya, dokter akan memberikan antibiotik jika penyebabnya adalah bakteri atau mikroplasma. Untuk mempercepat pemulihan, istirahat yang cukup serta banyak minum amat dianjurkan. Namun, penderita radang paru akibat virus biasanya akan lebih lama pulih disbanding penderita radang akibat bakteri.


>>>>>>Agar Tak Terserang Radang Paru

Pencegahan tertentu lebih baik dilakukan agar tidak terlanjur berakibat fatal jika terserang. Sebab, jika terdapat gagal jantung atau si penderita sudah lanjut usia, penyakit radang baru akan sulit di atasi dan bisa menimbulkan komplikasi yang serius. Radang atau infeksi bisa menyebar kealiran darah, lalu kemudian bercokol pada organ-organ lain, dan akhirnya bisa menyebabkan timbulnya abses. Jadi, agar Anda dan orang lain tak terserang radang paru, perhatikan hal-hal berikut:

1. Dapatkan vaksinasi jika Anda termasuk orang yang beresiko tinggi terkena radang paru, misalnya jika Anda penderita penyakit kronis, seperti penyakit paru-paru, jantung, diabetes, kelainan darah, asma, dan sebagainnya.
2. Jangan lupa cuci tangan. Tangan amat sering bersentuhan langsung dengan kuman penyakit penyebab radang paru.
3. Jangan merokok. Rokok merusak pertahanan alami paru-paru terhadap infeksi pernapasan.
4. Aturlah pola makan sebaik mungkin dengan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran serta kacang-kacangan.
5. Lindungi orang lain dari infeksi. Jika Anda menderita radang paru, hindarilah orang lain dari penyakit ini dengan cara menjaga jarak untuk sementara waktu, misalnya dengan menggunakan penutup mulut dan batuk serta ditutupi sapu tangan.

Semoga hal di atas bisa membantu....terima kasih

3 komentar:

  1. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk radang paru-paru, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

    BalasHapus
  2. Bagaimana pencegahannya ? serta antisipasi jika kita kawatir bahwa kita rentan terserang ? mohon jawaban. Tks, Beni Yussandra (beni.yusandra@yahoo.com/facebook)

    BalasHapus
  3. kak, cara ngobatinnya gimana? pacar aku waktu kecil dia kena penyakit ini. tapi katanya sekarang udah sembuh. apa bener2 udah sembuh total kira2?
    tangan suka gemetar dan gampang mimisan. apa juga termasuk tanda2 rdg paru? reply me please.
    dianzara.blogspot.com

    BalasHapus